Es puter : Original Taste of Indonesia



     Di suatu siang yang terik, dari kejauhan terdengar suara yang tidak asing lagi di telinga."dung-dung-dung". Rupanya itu adalah penjual es puter, es krim khas asli Indonesia. Sebagian orang menyebut es ini dengan nama es dung-dung dikarenakan suara khas yang dihasilkan dari gong kecil yang dipukul-pukul oleh penjualnya untuk menarik pembeli.
Penjual es puter dengan penampilan yang khas


     Gerobak es puter ini cukup minimalis dimana terdapat tabung berisi es puternya. Terdapat 1-4 tabung es puter dalam satu gerobak tergantung dari varian rasa yang dijual. Selain itu terdapat pula laci kecil berisi bahan pelengkap dalam penyajian es puter. Hal yang paling unik dan menjadi ciri khas penjual es puter yaitu adanya gong kecil yang menggantung pada dorongan gerobak menghasilkan suara khas yang langsung bisa dikenali oleh pembeli.Terdapat beberapa varian rasa yang ditawarkan oleh penjualnya, antara lain rasa coklat dan vanila yang khas serta varian rasa lainnya seperti durian, kacang hijau dan kelapa muda.

Varian rasa es puter bermacam-macam 

     Terdapat cerita yang unik dibalik terciptanya es puter ini. Jadi, pada zaman dahulu ketika orang Indonesia melihat orang Belanda makan es krim yang lezat. Mereka pun ingin merasakan lezatnya makan es krim tetapi harga es krim saat itu sangat mahal dan umumnya hanya dikonsumsi oleh orang Belanda ataupun kaum bangsawan pada saat itu.

 Kuliner Indonesia terinspirasi dari kuliner Belanda di Masa Kolonial


      Lalu tercetuslah ide untuk membuat es krim dengan bahan yang lebih murah dan mudah didapat namun memiliki cita rasa layaknya es krim yang dinikmati oleh orang Belanda. Bahan dasar pembuatan es krim adalah susu, namun oleh orang Indonesia susu tersebut diganti dengan santan kelapa yang tentunya akan memberikan cita rasa yang unik. Bahan lainnya pun cukup sederhana antara lain tepung kanji, vanili, gula pasir dan garam. Pembuatan es puter cukup sederhana yaitu bahan-bahan direbus kemudian kemudian dimasukkan kedalan tabung yang terbuat dari besi kemudian disekelilingnya diberi tumpukan es pada wadah yang lebih besar. Kedalam tumpukan es tersebut ditambahkan garam yang bertujuan untuk menurunkan titik beku es sehingga akan menghasilkan suhu yang lebih dingin dan mengubah adonan es menjadi es puter.

 Pembuatan es puter
 
Untuk menambah cita rasa pada es puter ditambahkan irisan kelapa muda. Kemudian tabung tersebut diputar-putar sampai adonan es puter menjadi beku layaknya es krim pada umumnya. Disinilah diperlukan kesabara dan kekuatan untuk memutar tabung sampai adonan es menjadi beku namun teksturnya lembut. 



Prinsip pembuatan es puter


      Penggunaan santan sebagai bahan dasar pembuatan es puter menghasilkan tekstur yang lebih kasar jika dibandingkan es krim yang terbuat dari susu sapi. Namun keistimewaan es puter ini adalah aromanya yang harum karena penggunaan santan dan vanili. Selain itu karena biasanya dicampur langsung dengan  bahan aslinya, seperti irisan daging kelapa atau buah, cita rasa es puter menjadi lebih natural dan otentik. Terdapat beberapa cara dalam penyajian es puter ini antara lain :

 Es puter dalam cone

 Es puter campur

Es puter dalam cup

Serta ada pula cara penyajian es puter yang diapit pada dua lembar roti tawar yang dikenal sebagai es krim sandwich. Bahan tambahan yang biasa digunakan untuk pelengkap sajian es puter antara lain potongan roti tawar berbentuk dadu, mutiara, serta susu kental manis.
       Nah demikianlah cerita panjang tentang es puter yang merupakan es krim asli Indonesia. Berawal dari keterbatasan dana untuk menikmati es krim menjadikan orang Indonesia menciptakan sendiri es krim tersebut dengan menggunakan bahan khas Indonesia dan menghasilkan cita rasa yang khas dan berbeda dari es krim lainnya. 


Credit : Jajan Squad Webtoon Indonesia
 



Comments

Popular Posts