Kegalauan Anak 90-an di Hari Minggu : Balada Kartun Kesayangan

     Hari minggu adalah saatnya berlibur walaupun hanya sekedar bersantai di rumah atau pergi jalan-jalan bersama keluarga.  Bagi anak 90-an hari minggu adalah jadwal nonton kartun. Sedari pagi sampai siang pasti duduk manis di depan tv menikmati maraton kartun favorit. RCTI dan Indosiar merupakan stasiun tv favorit yang menayangkan kartun kesayangan anak 90-an. Namun adakalanya mereka dihadapkan pada pilihan sulit yaitu menentukan kartun mana yang ingin ditonton dari kedua stasiun tv tersebut karena kartun-kartun tersebut ditayangkan dalam waktu yang bersamaan. Berikut ini 10 daftar kartun/ anime yang tayang dihari minggu dikedua stasiun tv tersebut :
1. Pkl 06.30- 07.00 : Let's & Go vs Ultraman Tiga
    Pembuka sederetan maraton kartun hari minggu adalah Let's & Go di RCTI sedangkan di Indosiar ada Ultraman Tiga.

 Ultraman Tiga
Ultraman Tiga mengisahkan cerita tentang super hero yang melawan monster. Ultraman Tiga merupakan salah satu 'seri' dari ultraman yang ada. terdapat lebih dari 15 'seri' ultraman yang pernah ditayangkan di TV. Ultraman Tiga ini tayan pada tahun 2000 an.

Let's & Go
Pada masa itu hampir semua anak memiliki dan menginginkan tamiya, mobil balap mini yang dirakit sendiri. Baik anak laki-laki maupun anak perempuan memiliki tamiya, bahkan ada perlombaan tamiya seperti pada kartu tersebut. Lintasan balap pun menjadi daya tarik tersendiri dimana terkadang lintasa tersebut dibuat sendiri. Harga tamiya agak mahal sehingga beberapa anak harus menabung untuk mendapatkannya. Berkat kartun ini muncul jiwa-jiwa racing pada anak-anak :D

Kartun mana yang kamu pilih sebagai pembuka hari minggu kalian? hehe

2. Pkl 07.00- 07.30 : Chibi Maruko Chan vs Detective Conan
Chibi Maruko Chan ditayangkan di RCTI sementara Detective Conan ditayangkan di Indosiar. Anak laki-laki pasti memilih Detective Conan untuk ditonton sementara anak perempuan memilih Chibi Maruko Chan. Anak-anak perempuan pada saat itu pasti hafal dengan opening song dari Chibi Maruko Chan bahkan sampai sekarang. Sementara anak laki-laki berlagak sebagai detektif yang memecahkan suatu kasus dengan menebak-nebak siapa pelakunya. Tapi mungkin Detective Conan adalah tontonan yang berat bagi anak-anak karena diperlukan analisa dan pemahaman saat menonton :D
 Chibi Maruko Chan

Detective Conan

3. Pkl 07.30- 08.00 : Hamtaro vs Digimon Adventure
Sama hal nya dengan sebelumnya, penonton terbagi atas dua kubu berdasarkan gendernya. Anak perempuan memilih Hamtaro yang ditayangkan di RCTI berkisah tentang Hamster lucu dan anak laki-laki memilih Digimon yang ditayangkan di Indosiar bercerita tentang monster dengan nama yang unik yaitu dengan akhiran -mon, hehe. Berkat Hamtaro muncul tren memelihara hamster di kalangan anak-anak. Sedangkan dikalangan anak laki-laki terdapat game PS (Play Station) tentang Digimon.

 Digimon Adventure

Hamtaro
4. Pkl 08.00- 08.30 : Doraemon vs Inuyasa
Doraemon telah menemani kita semua sejak lama ya, bahkan sampai sekarang pun Robot Kucing biru ini masih tayang di RCTI dengn kualitas gambar dan karakter yang semakin baik. Sedangkan di waktu yang sama Indosiar menayangkan Inuyasa yang bercerita tentang petualangan di dunia roh untuk mengumpulkan pecahan bola arwah. Doraemon merupakan kartun yang bisa ditontong oleh semua gender dan umur, bahkan orang tua kita dulu ikutan nonton juga :D. Lain halnya dengan Inuyasa yang sebagian besar ditonton oleh anak laki-laki, tetapi tidak sedikit juga anak perempuan yang menonton kartun ini, hehe.

 Doraemon

Inuyasa

5. Pkl 08.30- 09.00 : Power Puff Girl vs Dragon Ball
Power Puff Girl bukan lah kartun atau anime dari jepang tetapi tetap diminati. Kartun ini ditayangkan di RCTI dengan penonton mayoritas anak perempuan. Sedangkan anal laki-laki lebih suka menonton dragon ball yang tayang di Indosiar. OST dragon ball ini ikonik banget dilengkapi lirik ketika tayang membuat penonton ikut bernyanyi, hehe.

 Dragon Ball
Power Puff Girl

6. Pkl 09.00- 09.30 : Ninja Hatori vs One Piece
Ninja hatori tayang di Indosiar sedangkan one piece tayang di RCTI. Ninja hatori bercerita tentang kehidupan ninja yang pindah ke kota sedangkan one piece bercerita tentang bajak laut. Sekilas Ninja hatori ini mirip dengan doraeomon dimana tokoh utama nya terdiri atas 4 orang, selain itu warna ninja hatori dan doraemon sama-sama biru lho, ada yang memperhatikan? dan pasti masih ingat dong sama lagu nya ... "mendaki gunung lewati lembah, sungai mengalir indah ke samudra, bersama teman berpetualang~" hehe. Tiap mendaki gung pasti itu menjadi lagu wajib di perjalanan :D

 Ninja Hatori

One Piece

7. Pkl 09.30- 10.00 :Crayon Shinchan vs Pokemon
Crayon shincan ditayangkan di RCTI menceritakan anak TK dengan beragam kelakuannya yang bikin gemas sekaligus lucu. Namun kini sudah tidak lagi tayang dikarenakan adanya laporan ke pihak KPI bahwa kartun ini tidak sesuai sebagai tontonan anak kecil dan dikhawatirkan memberi dampak buruk bagi anak-anak. 
Crayon shinchan
Wabah pokemon go yang melanda seluruh dunia beberapa tahun terakhir terinspirasi dari serial kartunya yaitu pokemon. Kartun ini tayang di Indosiar menceritakan tentang persahabatan dengan monster. Ikon dari pokemon yaitu pikacu yang juga menjadi karakter monster utama. Akibat wabah pokemon go, kreativitas orang Indonesia pun muncul. Terciptalah lagu dangdut yang berjudul 'Pikacu : Pikiran Kacau Mikirin Kamu'. Wah kreatif sekali ya orang Indonesia :D
Pokemon

8. Pkl 10.00- 10.30 : Kabutaku vs Kamen Rider
Kabutaku bercerita tentang robot yang menjaga kedamaian bumi. Kartun ini tayang di RCTI. Bentuk robot yang unik terinspirasi dari berbagai macam serangga. Ada yang ingat siapa saja karakternya?. Indosiar punya Kamen rider yang bercerita tentang superhero jepang mengendarai motor berbentuk unik. Karakter kamen rider juga terinspirasi dari serangga lho, ada yang tau serangga apa? hehe

 Kabutaku
Kamen Rider Ryuta

9. Pkl 10.30- 11.00 : YU-GI-OH vs Power Ranger
YU-GI-OH tayang di RCTI sedangkan Power Ranger tayang di Indosiar. Terdapat banyak seri dari power ranger ini, misalnya power ranger dino, space, ninja, dll. Bahkan beberapa tahun yang lalu  Power ranger ini dibuat dalam bentuk film lho!

 Power Ranger

YU-GI-OH
10.Pkl 11.00- 11.30 : Beyblade vs Crush Gear
Sebagai penutup acara kartun Minggu pagi, RCTI menayangkan Beyblade.
Bahkan di zamannya Beyblade ini sempat menimbulkan femomena baru seperti tamiya sebagai mainan anak-anak yang lagi tren. Sedangkan Indosiar menayangkan Crush Gear yang tidak kalah fenomenal dengan tamiya dan bayblade lho!

 Beyblade

Crush gear

Nah dari sekian jadwal kartun yang tayang di hari minggu tersebut, kalian pasti punya playlist kartun yang ditonton dan jadi favorit dong. Selain sebagai hiburan di hari minggu ternyata kartun-kartun tersebut menimbulkan fenomena tersendiri bagi anak-anak seperti menginginkan mainan yang ada pada kartun tersebut. Namun saat ini banyak dari kartun tersebut yang sudah tidak ditayangkan lagi. Anak 90-an pasti merasakan kepuasan sendiri dalam menikmati hari minggu mereka yang saat ini pastinya sudah berbeda habit nya.

Comments

Popular Posts